Minggu, 24 Februari 2013

Ekstrakurikuler

Di SD Muhammadiyah 1 Panji terdapat Ekstrakurikuler Wajib dan Ekstrakurikuler Tidak Wajib
1.Ekstrakurikuler Wajib
Ekstrakurikuler Wajib adalah Ekstrakurikuler yang harus diikuti,yaitu:
a.Tapak Suci Putera Muhammadiyah
Tapak Suci adalah ilmu bela diri dari Persyarikatan Muhammadiyah.Dasar keilmuan Tapak Suci, yaitu tidak akan lepas dari sifat manusia sebagai kalifatullah di bumi, serta yang tidak pernah lepas dari Al-Qur'an dan Sunah Rasul. Dengan kenyataan tersebut sumber keilmuan Tapak Suci lebih dititik beratkan kepada
pengertian manusia sebagaimana pengertian yang dikandung Al-Qur'an serta tanggung jawabnya sebagai hamba Nya untuk selalu beramar ma'ruf dan bernahi mungkar, serta menjauhkan dirinya dari perbuatan syirik yang tercela. Dan pada hakekatnya beladiri Tapak Suci adalah beladiri yang didasari pada penggunaan kecepatan, ketangkasan, Rasio, Iman serta Ketakwaan.Motto dari Tapak Suci adalah "Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah".
b.Hizbul Wathan
Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah.HW berasaskan Islam. HW didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.
c.Qiro'ah
Membaca Al-Quran dengan Tajwid yang benar dengan cara dilagukan
2 Ekstrakurikuler Tidak Wajib
Ekstrakurikuler Tidak wajib adalah Ekstrakurikuler yang tidak harus diikuti,yaitu
a.Berbagai cabang Olahraga
seperti Sepak Takraw,Bulutangkis,Tenis Meja,Catur,dll.
b.Drumband
Drum band menurut arti katanya adalah gabungan alat musik jenis drum dan alat musik tiup maupun alat musik perkusi yang bernada yang dimainkan secara bersamaan.
Namun, gabungan alat musik yang dimainkan secara kelompok tersebut belum dapat disebut drum band bila cara memainkannya tidak dibarengi dengan gerakan langkah kaki melangkah, berjalan maupun berpindah. Dari kelompok drum band dapat berkembang kesatuan yang lebih besar selain unsur instrumen musik perkusi dan instrumen tiup yaitu dengan ditambahkannya Color Guard (CG) yang merupakan salah satu unsur pendukung yang ikut menentukan penilaian dalam suatu perlombaan drum band. Selain itu ada pula unsur pendukung lainnya seperti Gitapati dan mayoret.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar